Friday, August 12, 2016

Cara Memegang Pensil

4 metode memegang pensil


Jika Anda tidak pernah diajarkan cara memegang pensil dengan benar, kemungkinan Anda memegangnya dalam cara yang mempersulit penulisan dan penggambaran - walau seharusnya tidak sesulit itu. Atau, mungkin Anda ingin mengajarkan anak Anda cara yang benar untuk memegang pensil. Posisi pensil yang benar akan memastikan kegiatan menggambar dan menulis menjadi lebih mudah, rapi, dan menyenangkan



Metode 1 dari 4: Pendekatan untuk Pensil Pendek atau Panjang 



1. Mulailah dengan pensil pendek. Ini merupakan terapi perilaku yang mencegah Anda atau seorang anak menggunakan lebih banyak jari dari yang diperlukan untuk memegang pensil dengan benar. Saat Anda mengajari seorang anak, selalu gunakan pensil pendek. 


2. Atur posisi pensil dengan akurat dengan menggunakan metode "pinch and flip" (cubit dan balikkan). Cara ini juga berguna untuk pensil panjang jika Anda lebih memilih memulai dengan pensil yang panjang. 
 

  • Cubit bagian ujung pensil yang tajam.
  • Balikkan pensilnya. Saat pensil mencapai bagian jaring (lipatan kulit di antara jempol dan jari telunjuk Anda), biarkan ujung pensil berhenti di sana. Anda sekarang siap mencoba pegangan tripod.



Metode 2 dari 4: Pegangan Tripod
 

1. Gunakan jempol, jari telunjuk, dan jari tengah Anda untuk pegangan jenis ini. Tidak ada jari lain yang akan memegang pensil. Bayangkan seolah-olah Anda sedang mencubit dengan tiga jari ini secara bersamaan, tetapi jangan terlalu keras, dengan pensil terletak di antaranya. 



2. Letakkan bantalan jempol ke satu sisi pensil. Sisi ini merupakan sisi yang terdekat dengan tubuh Anda.




3. Tempatkan jari telunjuk di atas pensil. Ujung jari ini harus terletak di bagian atas pensil. Sama dengan jempol, jari ini akan menahan pensil agar tetap berada di tempatnya.
Hindari penekanan yang berlebihan pada pensil dengan jari ini. Ini merupakan kesalahan umum yang berakibat pada penulisan yang berat dan/atau tidak nyaman. Penekanan yang berlebihan bisa menghasilkan rasa sakit saat memegang pensil.



4. Sangga pensil di jari tengah. Pensil harus tersangga di sendi pertama jari tengah Anda. Ini adalah posisi akhir gaya tripod.



Metode 3 dari 4: Melatih Cara Memegang Pensil yang Baik


1. Tekuk sedikit kelima jari. Hindari mengepalkan tangan––sebuah bola kecil harus bisa diselipkan ke tangan yang membentuk cangkir. Jika tidak, pegangan akan terlalu kuat dan membatasi gerakan.
Salah satu cara menyarankan bahwa kedua jari harus tertekuk ke arah telapak tangan, sementara jari-jari lainnya melakukan manuver. Untuk membantu anak-anak, Anda bisa memberikan mereka sebuah bola atau benda serupa untuk dipegang dengan kedua jari ini, sementara jari-jari lainnya memegang pensil.
Cara lainnya adalah dengan menggunakan jari-jari ini sebagai penyangga jari-jari penulis––pastikan saja posisinya tertekuk. Lebih baik Anda mencoba kedua cara untuk menemukan yang tepat bagi Anda. Anda mungkin menemukan bahwa pengaturan posisi dipengaruhi oleh apakah Anda memegang pensil untuk kegiatan menulis dalam cara miring atau tegak lurus (lihat bagian selanjutnya).



2. Cobalah menulis pada permukaan horizontal (meja Anda, dll.). Tuliskan sembari memegang pensil dalam posisi miring atau tegak lurus (benar-benar berdiri tegak) terhadap meja. Lihat pendekatan mana yang paling cocok dengan kebutuhan menulis Anda.



3. Jaga agar sisi dalam jempol dan lengan Anda rata. Jika siku Anda cenderung melebar, berlatihlah menulis pada permukaan vertikal, seperti pada papan tulis atau di atas kertas pada sandaran. Menulis vertikal akan secara otomatis memaksa siku, lengan, dan tangan penulis Anda untuk berada dalam posisi yang benar.



Metode 4 dari 4: Mengenali Pegangan-Pegangan Pensil yang Tidak Baik 

Tidak semua pegangan pensil berguna untuk menulis secara efektif, dan beberapa bahkan bisa mengakibatkan rasa sakit. Inilah beberapa tanda pegangan yang tidak akurat, yang harus Anda perhatikan dan segera ubah:

  • Jari telunjuk membungkus jempol alih-alih bersandar pada pensil
  •  Jari telunjuk dan jari tengah melingkari jempol
  •  Jempol berada pada satu sisi, sementara jari telunjuk dan jari tengah berada pada sisi lainnya
  • Jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis memegang pensil pada satu sisi, sementara jempol pada sisi lainnya
  •  Jempol melingkari jari telunjuk
  • Keseluruhan tangan membungkus pensil, seperti sebuah kepalan––dengan jempol biasanya berada pada issi yang berlawanan untuk menyangga semuanya

Tips


  •  Lakukan usaha terbaik untuk mengajarkan cara yang benar kepada anak-anak sedini mungkin; jauh lebih mudah melakukan ini daripada membetulkan kesalahan di kemudian hari. Cara memegang pensil jauh lebih sulit diubah setelah melewati usia 6 tahun.
  • Periksa pegangan yang kuat; kebiasaan ini bisa menjadi sebuah tantangan jika Anda mencoba mengubahnya, terutama pada seorang anak yang bertekad keras. Akan tetapi, cobalah membantunya dengan memberitahukan bahwa ia melakukan pekerjaan yang baik dan bahwa bersikap rileks bisa membantunya menulis dengan lebih mudah.
  • Mengubah cara memegang pensil bisa menghabiskan berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Penting untuk terus bertahan dan berusaha demi memastikan bahwa cara memegang pensil yang Anda gunakan nyaman dan efektif.
  • Ada berbagai alat latihan untuk memaksa jari-jari agar berada dalam posisi tripod saat memegang pensil. Benda-benda ini biasanya berupa karet-karet kecil yang dijual oleh toko peralatan tulis berkualitas.

Peringatan


  •   Cara memegang pensil yang tidak benar bisa berkontribusi terhadap pengurangan kecepatan, kejelasan tulisan, dan bahkan kondisi-kondisi artritis di kemudian hari.


 Sumber


1 comment: