Friday, July 1, 2016

apa yang dimaksud dengan DUSSEL / BLENDING ?

MENGGAMBAR MENGGUNAKAN TEKNIK BLENDING (DUSEL)



Assalamualaikum ....
halo sob saya mau berbagi ilmu nih tentang seni menggambar ,, yaa saya juga masih belajar sih

Kali ini saya akan berbagi tentang teknik menggambar sketch yang saya pakai yaitu teknik blending/ mendusel
apa itu DUSEL ?
DUSSEL adalah teknik menggambar dengan cara menggosok agar
gambar terlihat lebih realistis ,,

biasanya lebih ke bentuk bayangan dari sebuah obyek ,, yaa kaya Arsir gitu lah

caranya :

gambar sebuah obyek menggunakan pensil ,, apalah terserah
hehe

terus arsir bagian sisi obyek ,, secukupnya lah
teknik dusel ini juga dapat membuat gambar jadi punya karakter
misalnya keras, atau lembut

lalu gosok menggunakan TORTILLON agar terlihat seperti bayangan
cara menggosoknya jangan sembarangan ,, harus satu arah
atau mengikuti bentuk dari obyek ,,

lalu bagian background obyek pun/latar belakang gambar harus di dusel juga agar gambar terlihat
menonjol .... saya biasa menggunakan tisu untuk dusel background
sama seperti yg tadi, arsir dulu backgraound nya lalu dusel
agar terlihat lebih bagus ,,, usahakan dusel background gambar lebih gelap atau lebih redup

nihh ada contoh gambar buatan saya sendiri : hehe











kurang lebih seperti itulah ...
yang terpenting adalah percaya pada kemampuan sendiri sebelum di komen orang lain dan yg mengkomenpun belum tentu bisa menggambar :)

oke ,, segitu dulu tulisan dari saya ,, semoga bermanfaat
Wassalaammm

5 comments: