Thursday, July 14, 2016

Mengenal Jenis penghapus untuk dunia seni gambar

Jenis Penghapus dalam menggambar

 

 Pada postingan sebelumnya kita sudah mengenal jenis jenis pensil dan sekarang kita akan membahas temannya pensil yaitu Penghapus. Betapa kita sadar bahwa pentingnya penghapus bagi kita, dan manfaat penghapus memang sangat dirasakan bagi para seniman profesional, dengan benda tersebut kita dapat membuat gambar dengan teknik tertentu seperti memberi kesan silau, efek smudge, serta efek butiran air.

seblumya saya akan menulis sedikit tentang sejarah penghapus. Bagaimana tentang Sejarah Penghapus, yuk kita simak cerita berikut ini.


Sejarah Penghapus

Joseph Priestley seorang pakar sains pada tahun 1770 menemukan bahan yang sesuai untuk menghilangkan tanda arang pensil pada kertas, dan pada tahun yang sama Edward Naime seorang insinyur Inggris menjadi pencipta penghapus pertama setelah menemukan penghapus. Kejadian tersebut sebenarnya tidak disengaja, ketika dia salah mengambil kepingan karet dan bukannya serbuk roti yang pada mulanya serbuk roti digunakan untuk menghapus.


Perkembangan Penghapus

Tetapi pada waktu itu bentuk penghapus masih dalam keadaan mentah artinya belum diolah secara baik dan juga sulit untuk disimpan. Selain itu penghapus waktu itu juga mudah rusak. Pada tahun 1839, ditemukan proses vulkanisasi oleh seorang penemu bernama Charles Goodyear. Dengan penemuan ini karet yang divulkanisasi menjadi tahan lama.

 jenis penghapus

Baiklah setelah tahu sedikit tentang sejarah penghapus sekarang kita akan bahas tentang jenis jenis penghapus.
Ada beberapa varian penghapus yang mudah untuk didapatkan, dan berikut adalah beberapa macamnya:

  • Penghapus karet (rubber eraser)
Alat tulis ini merupakan salah satu varian yang paling banyak digunakan untuk menghapus kesalahan pada tulisan dengan mengangkat kotoran ketika benda ini digosokkan. Sebenarnya, penghapus karet tidak merusak permukaan kertas jika digunakan secara normal, namun kertas bisa sobek bila menggosokkannya terlalu keras.


  • Penghapus art gum
Penghapus jenis ini sebenarnya terbuat dari bahan yang sama dengan penghapus karet biasa, namun memiliki tekstur yang lebih lembut sehingga mudah hancur ketika digunakan. Walaupun rapuh, penghapus art gum sering dijadikan pilihan karena kelembutan teksturnya tidak merusak kertas.

  • Penghapus kneaded
Penghapus jenis ini merupakan yang paling populer di kalangan pekerja seni karena dapat digunakan untuk menyamarkan goresan pensil sekaligus memunculkan sebuah area baru pada suatu gambar. Penghapus ini terbuat dari sebuah adonan mirip lem yang kalis dan lembut.
Penghapus kneaded bekerja dengan cara menarik partikel grafit sehingga kesalahan goresan pada kertas terangkat dan menempel di adonan tersebut. Nah, apabila memilih penghapus ini, tidak boleh menyimpannya pada suhu panas karena mudah meleleh.



  • Penghapus vinyl
Dikenal sebagai penghapus plastik, penghapus vinyl terbuat dari serat sintetis. Di antara varian penghapus, benda ini adalah yang paling padat dan keras sehingga kecerobohan dalam penggunaan dapat menyebabkan kertas sobek. Walaupun begitu, penghapus vinyl sering dijadikan pilihan karena tidak hanya dapat menghapus kesalahan yang disebabkan oleh goresan pensil namun juga kekeliruan coretan pulpen.

  • Penghapus elektrik
Penghapus elektrik merupakan salah satu penghapus yang bekerja secara otomatis dan membutuhkan asupan daya untuk mengoperasikannya. Penghapus ini memiliki ujung yang dapat digunakan untuk menghapus bagian-bagian paling kecil dari kesalahan yang dapat diganti tergantung dari besar tidaknya coretan yang ingin dihapus.

  • Penghapus pensil
Penghapus jenis ini terbuat dari serat sintesis dan berbentuk seperti pensil yang bisa diruncingkan di bagian ujungnya dengan menggunakan serutan pensil yang biasa. Karena bentuknya yang runcing, penghapus pensil dapat digunakan untuk menghapus bagian-bagian kecil ketika Anda melakukan kesalahan dalam menggambar.

Keenam poin di atas merupakan macam macam penghapus yang tersedia di pasaran dengan tekstur serta keunggulan masing-masing. Apapun alat tulis yang dipilih, pastikan penghapus tersebut sesuai dengan kebutuhan.

3 comments: